Tari Tango Merupakan Tarian Pergaulan Di Amerika Latin

Tari Tango Merupakan Tarian Pergaulan Di Amerika Latin

Seni Tari tango adalah tarian yang berasal dari Amerika Latin yang lahir pada pertengahan abad 1800-an. Tarian berpasangan laki-laki dan perempuan ini memiliki pengaruh dari kebudayaan Eropa dan Afrika. Ada yang mengatakan tarian ini juga merupakan hasil fusi dari beberapa kaum pendatang di eropa seperti budaya Afrika yang dibawa oleh bangsa Afrika yang masuk melalui perdagangan Lintas-atlantik. Sehingga mempengaruhi tarian, musik, kebudayaan, masakan dan agama di Amerika Latin. Gerakan tarian tango yang dinamis mampu menciptakan suasana yang bersemangat, kegairahan maupun romantisme pada orang yang melakukannya ataupun orang-orang yang sekedar hanya melihatnya.

  • Sejarah Tarian Tango

Tango berasal dari kota Buenos Aires & Montovideo di Rio de la plata, perbatasan Argentina dan Uruguay. Kata Tango pertama kali digunakan pada tahun 1890-an. Arti kata tango yang berasal dari bahasa latin ‘tangere’ yang berarti menyentuh. Tarian yang berasal dari kelas bawah ini begitu cepat dikenal di masyarakat, seperti teater dengan jenis music organ barel yang menyebar dipinggiran kota & daerah kumuh Eropa terutama imigran Italia, Spanyol dan Prancis.Diantara campuran imigran Eropa ke wilayah tersebut, keturunan budak Afrika dan penduduk asli di daerah yang dikenal sebagai Criollos yang awalnya merupakan kebiasaan, kepercayaan dan upacara masyarakat bekas budak. Ritual & kebiasaan tersebut kemudian menjadi identitas budaya yang khas di Amerika Latin dan menjadi salah satu tarian yang popular sampai hari ini yakni, tarian modern yang bernama Tango.

  • Dua Jenis Tarian Tango

Ada dua jenis tarian tango, yang pertama adalah Tango Ballroom (Tango International) dan Tango Argentina. Yang membedakan dua jenis tarian tango ini adalah intimacy atau keintiman.

Tango Ballroom ditarikan dengan tubuh penari laki-laki dan perempuan saling menempel, biasanya tarian Tango Ballroom ini dilakukan oleh sepasang kekasih. Sedangkan tarian Tango Argentina yang lebih teratur dan elegant ditarikan dengan ada sedikit jarak atau tidak seluruhnya menempel diantara pasangan penari.

  • Irama Tarian Tango

Tari tango yang merupakan tarian pergaulan dari Amerika Latin memiliki ketukan irama 2/4 atau 4/4, dengan tempo sedang. Gerak tariannya yang memikat dan diatur sedemikian mungkin karena dilakukan dengan langkah-langkah yang menimbulkan kesan eksotis dan menggoda. Music yang mengiringi tarian tango adalah perpaduan dari ke-4 alat music yakni, sebuah instrument dari jerman dan Bandoneon, Gitar, Violin dan Flute yang sekarang menjadi musik khas pengiring tarian tango.

  • Kostum Tarian Tango

Busana yang memungkinkan untuk tarian tango adalah busana dengan jenis yang nyaman dan bisa bergerak bebas. Dengan design yang beragam dan yang melekat ditubuh pun dapat digunakan. Karena pada dasarnya tenari tango yang dinamis, mengharuskan bergerak dan berdansa dengan ruang gerak yang leluasa. Jadi bahan materialnya pun harus mendukung. Tidak boleh terlalu berat dan kaku. Bahan yang biasa digunakan adalah seperti lycra, chiffon dan satin dan dipercantik dengan tempelan broklat dan pernik-pernik yang menghiasi.

Tarian ini diformat dengan tarian kompetitif seperti tarian sosial. Tari tango juga termasuk tarian permainan dan dapat dilakukan secara tunggal, berpasangan dan berkelompok. Tarian ini biasa dikenal dengan istilah flirty dance karena membutuhkan banyak kontak fisik antara kedua penarinya. Karakteristik utama tango adalah tekukan lutut. Tarian ini berkembang keluar wilayah Argentina, bermula dari Paris, London, Paris dan Negara lainnya, akibat dari penari Tango yang berpergian ke daerah-daerah di Eropa. Tarian yang dulunya hanya menjadi tarian kelas bawah di Buenos Aires ini, lalu pada tahun 1913 tarian ini dibawa ke benua Amerika dan menjadi tarian yang cukup bergengsi di Ballroom.

 

Authored by: Ava Chapman