Seni Tari Salsa yang Mampu Menggugah Semangat

Seni Tari Salsa yang Mampu Menggugah Semangat

Seni tari Salsa di dunia sangatlah berkembang pesat dari masa ke masa dan dari tahun ke tahun. Begitu banyak seni tari dari berbagai negara yang terus berevolusi dan berinovasi. Banyak juga jenis seni tari baru yang bermunculan yang merupakan hasil dari penggabungan dan penyatuan antara satu jenis tari dan satu jenis tari lainnya ataupun lebih dari dua jenis seni tari.

Hal ini membuat seni tari menjadi salah satu seni yang tidak terbatas. Di dalam seni tari, kita tidak mengenal yang dinamakan batasan dan tembok-tembok dalam pengekspresian diri dan perasaan serta pemikiran. Seni tari menjadi seni yang sangat digemari dan diminati banyak orang karena keunikan formasi, gerakan, serta irama musik yang menjadi pengiring tarian dan keberagaman jenisnya.

Salah satu seni tari yang paling terkenal di dunia dan di sukai banyak orang adalah tari Salsa. Seni tari yang satu ini mempunyai ciri khas, sejarah, dan keunikan yang sangat mengagumkan, beberapa diantaranya adalah

  • Seni tari ini merupakan eksperesi dari gairah, semangat, kebangkitan, dan kedinamisan. Tari Salsa merupakan salah satu jenis seni tari yang tidak mengenal kata berhenti sejenak atau pause dalam tariannya karena seni tari ini memiliki gerakan termasuk langkah kaki yang sangat energik, dinamin, dan lincah. Bila anda pernah melihat seni tari Salsa, pasti anda akan mengerti arti dari tari Salsa yang selalu sanggup untuk menggugah semangat.
  • Seni tari yang satu ini memiliki sejarah nama tari yang cukup unik yaitu dari bahasa Spanyol “salsa” yang berarti saus atau bisa ditafsirkan sebagai rasa dan gaya. Hal ini dapat menunjukan gairah yang ada di dalam seni tari Salsa.
  • Sejarah seni tari ini masih sering diperdebatkan, namun berdasarkan nama seni tari ini, sejarah yang mendekati paling benar adalah berasal dari negara Spanyol. Fakta yang unik adalah seni tari ini pertama lahir dari para imigran Spanyol yang tinggal di Amerika Serikat. Di masa kini, seni tari Salsa juga sangat berkembang pesat di kota New York, Amerika Serikat karena sangat diminati oleh para penari yang berasal dan tinggal di kota tersebut.
  • Seni tari Salsa memiliki jenis musik Salsa yang menjadi musik pengiring yang cukup unik karena merupakan penggabungan komposisi musik dari beberapa negara yaitu, irama musik dari Amerika latin dan musik tradisional dari Afrika dan Kuba. Hal ini membuat musik Salsa menjadi sebuah kesatuan harmoni dan irama atau tempo yang penuh passion dan semangat.
  • Seni tari Salsa bisa dikatakan bukan merupakan seni tari yang murni karena dipengaruhi oleh beberapa jenis seni tari yang lain. Jenis tari yang mempengaruhi tari Salsa adalah tari Cha cha, tari Mambo, tari Guaracha, tari Palo Monte, tari Yambu, tari Abakua, dan tari Rumba.
  • Seni tari Salsa ini ditarikan oleh pasangan atau dua orang, walaupun ada juga tari Salsa yang ditarikan oleh kelompok namun sangat jarang.
  • Seni tari Salsa memiliki pola gerakan tari yang mengharuskan penarinya menggerakkan seluruh tubuh seperti lengan, bahu, kaki, dan pinggul.
  • Irama musik atau perkusi untuk menari tari Salsa cukup rumit dengan irama sekitar 180 ketukan per menit.

Dari berbagai informasi mengenai tari Salsa di atas, kita dapat melihat bahwa seni tari yang satu ini sangatlah enak untuk dilihat dan dinikmati namun membutuhkan usaha extra atau kerja keras untuk mempelajari gerakan dan pola tariannya karena seni tari ini memiliki pola gerakan yang cukup rumit dan ditambah dengan cepatnya irama musik yang mengiringi.

Authored by: Ava Chapman