Sejarah & Asal Usul Seni Tari Ballet Yang Mendunia

Sejarah & Asal Usul Seni Tari Ballet Yang Mendunia

Seni tari Ballet sangatlah terkenal sejak zaman dahulu pertama kali muncul sampai dengan hari ini. Tidak henti-hentinya orang belajar untuk menari tarian Ballet.

Bagi beberapa orang tua, jika mereka memiliki anak perempuan, maka sebagian besar tentunya akan menyuruh anaknya belajar tari Ballet. Jenis seni tari yang satu ini sangatlah ajaib. Ada beberapa penggabungan unsur yang bisa anda lihat dari tari Ballet.

Unsur-unsur tersebut seperti kelembutan, kekuatan, displin, ketegasan, dan masih banyak lagi. Tari Ballet adalah seni tari yang mengutamakan prinsip dasar kedisiplinan. Untuk bisa menari Ballet diperlukan latihan yang tidak singkat. Pola latihan untuk menari tarian Ballet juga tidak mudah walaupun ada tahapan atau tingkatannya.

Diperlukan keseriusan dan ketekunan yang luar biasa untuk bisa menari tarian Ballet dengan baik. Seni tari ini merupakan salah satu seni tari yang menggambarkan dan mengekspresikan keanggunan, kelembutan, kekuatan, dan juga kedisiplinan.

Bila anda melihat atau menonton tari Ballet, pasti anda akan dapat melihat ekspresi-ekspresi tersebut. Tari Ballet merupakan seni tari yang memiliki sejumlah karakteristik dan sejarah yang menarik, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Seni tari Ballet pertama kali muncul pada era Renaissance di benua Eropa bagian barat. Pertunjukan tari Ballet pertama kali digelar oleh Balthazar de Beaujoyeux, seorang pemain biola dan ahli tari dari Prancis pada tahun 1581 di kota Paris.
  • Seni tari Ballet awalnya hanya dapat ditonton oleh kaum bangsawan dan anggota kerajaan di benua Eropa.
  • Masa kejayaan seni tari Ballet ini adalah pada tahun 1643 sampai tahun 1715 dibawah masa pemerintahan Raja Louis XIV.
  • Pertunjukan seni tari Ballet yang digelar di kerajaan pada masa itu diciptakan oleh dua tokoh yang sangat bersejarah yaitu seorang komposer keturunan Italia dan Prancis, Jean Baptiste Lully dan seorang komposer terkenal asal Perancis, yaitu Pierre Beauchamps.
  • Seni tari Ballet merupakan seni tari yang terbentuk dari penggabungan pertunjukan seni musik, puisi, dan tarian yang dibentuk menjadi satu alur cerita.
  • Pada mulanya seni tari Ballet ini ditarikan oleh para penari laki-laki, namun seiring dengan perkembangannya dan mulai banyak penari yang menciptakan inovasi-inovasi baru dalam seni tari ini, menjadikan penari perempuan menjadi tokoh utama dalam tari Ballet.
  • Berdasarkan penelitian oleh sejumlah ahli yang mengamati dunia seni tari, untuk perempuan, umur 8 sampai 10 tahun adalah usia yang paling tepat untuk mulai belajar tari Ballet, sedangkan untuk laki-laki boleh memulai belajar tari Ballet di usia berapapun. Hal ini dinyatakan karena melihat dan mempertimbangkan dari efek menari Ballet terhadap kesehatan otot anak.
  • Seni tari Ballet sangat mengutamakan kelenturan dan keluwesan tubuh untuk menari. Seni tari ini juga mengharuskan penarinya untuk memiliki tekhnik keseimbangan tubuh yang baik. Dengan begitu, latihan yang diperlukan sangatlah extra.
  • Seni tari Ballet memiliki beberapa tekhnik gerakan. Diantara sekian banyak teknik gerakan, yang terkenal adalah grand pas de deuxdan juga pointe work.
  • Seiring dengan perkembangan zaman, seni tari Ballet dapat dilakukan di pertunjukan khusus tari Ballet atau juga dapat menjadi bagian dari pertunjukan opera.
  • Seni tari Ballet memiliki gerakan dasar yaitu gerakan yang terdiri dari lima bentuk atau pola dasar yang melibatkan kaki, kepala, tangan dan bahu.

Ada beberapa Ballerina atau penari Ballet yang sangat populer yang salah duanya adalah Sylvie Guillem dan Allesandra Ferri.

Authored by: Ava Chapman