Perkembangan Terhadap Seni Tari Kontemporer Indonesia

Perkembangan Terhadap Seni Tari Kontemporer Indonesia

Perkembangan zaman yang bergitu pesat tentu berpengaruh pada segala aspek kehidupan tidak terkecuali pada dunia kesenian. Salah satu jenis kesenian yang dari dahulu hingga sekarang masih dilestarikan adalah Seni Tari Kontemporer.

Seperti yang banyak orang ketahui, bahwa Indonesia memiliki banyak sekali tari tradisional yang berasal dari masing-masing provinsi yang tersebar secara luas.

Namun saat ini genre atau aliran tari yang ada di Indonesia bukan hanya sebatas pada tari tradisional tetapi ada juga tari kontemporer. Tari kontemporer atau yang lebih dikenal dengan tari masa kini adalah hasil karya dan usaha yang dilakukan para seniman tari sebagai perkembangan yang lebih lanjut dari adanya gerakan seni modern dan cenderung tidak mengikuti tradisi atau aturan tadi yang sudah ada.

Berbeda dengan tari tradisional, pada tari kontemporer ini lebih mengeksplor kreatifitas dalam hal koreografi, gerakan tari, kostum atau busana, alat musik yang digunakan untuk mengirinya tari dan masih banyak lagi. Adanya tarian kontemporer ini memberikan bukti jika para seniman tari selalu melakukan berbagai usaha untuk dapat mengembangkan hasil keseniannya.

Setiap gerakan yang dimainkan oleh para penari ini bukan hanya sekedar berupa gerakan saja tetapi dalam setiap gerakannya mengandung sebuah pesan kepada penikmat tari kontemporer.

Bukan hanya gerakan saja mengandung pesan, namun musik atau irama yang dipakai untuk mengiringi juga sangat mendukung pesan yang inging disampaikan. Kostum dan juga riasan penarinya ini dibuat sangat menarik dan unik yang mana disesuaikan dengan tema tarian yang nantinya dipentaskan. Kebanyakan tari ini dipentaskan dengan tujuan untuk mengenang cerita khusus.

Ada juga tema atau cerita yang dibawakan berasal dari fenomena atau kejadian yang sedang terjadi, yang mana sebagai bentuk kritikan namun disampaikan dalam bentuk gerak tari. Berikut beberapa contoh tari kontemporer yang terkenal di Indonesia:

Tari Setan Bercanda

Tari Setan Bercanda

Tari kontemporer ini hasil dari seniman yang berasal dari Bali dan pertama kali diperkenalkan oleh I Wayan Dibia. Tarian ini terlihat sangat unik dengan adanya kolaborasi antara alat musik sederhana yang digunakan sebagai pengiring tari dengan, yang mana terbuat dari bebrapa pecahan batu dan juga bambu seperti alat musik angkung. Kemenarikan tari ini sangat membuatnya populer dan banyak diminati oleh masyarakat Bali.

Tari Yapong

Tari Yapong

Tari ini juga tak kalah terkenal dari tari kontemporer yang lain. Tari yapong ini merupakan hasil karya yang diciptakan oleh Bagong Kussudiarjo. Pementasan dari tari ini pertama kali dilakukan pada saat acara HUT Kota Jakarta yang ke-450 tahun.

Tari Barong-Barongan

Tari Barong-Barongan

Tari barong-barongan ini merupakan tari kontemporer dari Provinsi Bali yang diciptakan oleh seniman bernama I Wayan Dibia. Banyak sekali seniman dan kesenian yang berasal dari Bali, tak heran jika Bali menjadi daerah yang mampu menghasilkan seniman, kesenian tari, pahat, lukis yang sangat terkenal. Jenis tari kontemporer yang dihasilkan oleh seniman I Wayan Dibia ini menjadi salah satu seni hasil karya anak bangsa yang sangat pantas untuk banggakan dengan kemenarikan dan keunikan tari yang diciptakan.

Munculnya Seni Tari Kontemporer ini memberikan warna baru pada dunia kesenian untuk berkreasi dalam gerakannya. Tanpa mengesampingkan adanya tari tradisional, tentunya kedua tari tersebut mampu memberikan hasil positif pada keseninan yang ada di Indonesia. Karena pada dasarnya gerakan pada tari kontemporer ini banyak yang terinspirasi pada gerakan tari tradisional yang memang sudah menjadi warisan budaya Indonesia yang pantut untuk dilestarikan.

Authored by: Ava Chapman